Contoh 10 Definisi Geografi Menurut Ahli

Seiring dengan perkembangan geografi  maka terdapat beberapa batasan mengenai definisi geografi. Saat ini ahli-ahli geografi Indonesia bernaung dalam organisasi Ikatan Geograf Indonesia atau sering disingkat IGI. IGI dibentuk di Jakarta pada tahun 1967 dengan tujuan awal untuk memajukan dan mengembangkan ilmu serta profesi geografi yang berguna bagi bangsa dan negara Indonesia.

Geografi telah berkembang sejak era Yunani kuno hingga zaman sekarang. Pengertian geografi pada dasarnya ilmu yang mempelajari tentang bumi. Akan tetapi dalam perjalanannya, cara pandang ahli-ahli geografi berbeda seiring perbedaan kondisi zaman.
10 Pengertian Geografi
Dibawah ini adalah beberapa definisi geografi menurut berbagai ahli:
1. Seminar dan Lokakarya Ikatan Geograf  Indonesia 1988: Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
2. Depdikbud 1989: Geografi merupakan suatu ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.
3. Prof. Bintarto: Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di muka bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi baik yang fisikal maupun yang menyangkut mahkluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional untuk kepentingan program, proses dan keberhasilan pembangunan.
4. I Made Sandy: Geografi adalah ilmu yang berusaha menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi.
5. Drs. N. Daldjoeni: Geografi yaitu uraian tentang bumi dengan segenap isinya yakni manusia ditambah dengan dunia hewan dan dunia tumbuh-tumbuhan.
6. Ferdinand von Richthofen 1833 – 1905: Geografi adalah ilmu yang mempelajari gejala dan sifat pemukaan bumi dan penduduknya, disusun menurut letaknya, menerangkan baik tentang terdapatnya gejala – gejala dan sifat – sifat itu.
7. Harthsorne tokoh geografi Amerika dalam buku pengantar Filsafat Geografi: Geografi adalah sebuah ilmu yang menampilkan realitas deferensiasi muka bumi seperti apa adanya, tidak hanya dalam arti perbedaan – perbedaan dalam hal tertentu tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat, yang berbeda dari keadaanya di tempat lain.
8.     Taylor mengemukakan geografi adalah ilmu tentang tempat.
9.     Ullman berpendapat geografi adalah kajian tentang interaksi antar ruang.
10.   Herioso Setiyono mengemukakan geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya serta merujuk terhadap pola persebaran horisontal di permukaan bumi.