4 Prinsip Geografi (Distribusi, Interelasi, Deskripsi, Korologi)

Halo teman-teman sekalian geograf sebangsa dan setanah air Indonesia. Kali ini kita akan belajar tentang prinsip geografi. Prinsip geografi adalah panduan, kaidah atau pegangan yang dilakukan saat mengkaji dan menginterpretasi sebuah gejala geosfer.

Ada 4 prinsip geografi yaitu prinsip distribusi, interelasi, deskripsi dan korologi. Prinsip geografi terkait konsep mental sehingga bersifat umum dan abstrak. Berikut ini penjelasan prinsip geografi dan contohnya.

1. Prinsip Distribusi
Geografi akan melihat distribusi atau penyebaran suatu fenomena dalam ruang permukaan bumi. Distribusi suatu fenomena dalam ruang akan terlihat jika kita membuka peta atau google map misalnya.

Penyebaran suatu gejala dalam ruang akan dianalisa lebih jauh sehingga menghasilkan teori-teori tertentu. Mengapa gunung api tersebar di Indonesia bagian selatan misalnya?. Mengapa hutan hujan tropis terebar hanya di daerah ekuator dan lainnya.

2. Prinsip Interelasi
Interelasi adalah keterkaitan atau hubungan antara satu gejala atau fenomena dengan fenomena lainnya. Sebuah gejala di permukaan bumi tidak berdiri sendiri, pastinya akan berdampak sebab akibat dan menghasilkan gejala lainnya.

Contoh interelasi geosfer adalah erupsi gunung Krakatau di Selat Sunda memicu tsunami di Anyer. Kepadatan penduduk di Jabodetabek menyebabkan degradasi lingkungan Ciliwung.

3. Prinsip Deskripsi
Deskripsi merupakan penjelasan, penggambaran sebuah fenomena dalam berbagai cara. Seorang geograf bisa melukiskan sebuah fenomena dalam bentuk tulisan, uraian, gambar, peta, grafik, statistik dan lainnya. Dengan begitu penggambaran suatu fenomena akan lebih detail dan dapat menunjukkan sebuah pola tertentu.

4. Prinsip Korologi
Korologi adalah penggabungan ketiga prinsip geografi sebelumnya. Artinya korologi adalah studi tentang hubungan antara fenomena geografi dalam sebuah region atau ruang permukaan bumi. Jadi korologi adalah studi tentang region. Geografi pasti akan mempelajari fenomena pada sebuah unit wilayah atau region tertentu. Ketiga prinsip geografi sebelumnya diperlukan untuk memahami pola yang terjadi dalam suatu unit wilayah. Kita bisa tahu apa yang terjadi pada wilayah bioma tundra, wilayah pedesaan, wilayah perkotaan atau lainnya.

Baca: Contoh soal hot prinsip geografi + kunci
Wilayah bioma padang rumput
LihatTutupKomentar