Cara Jawab Soal Geografi Konsep Geografi Lokasi

Halo teman-teman sekalian kali ini syaa akan coba berikan tips menjawab soal geografi materi konsep geografi. Konsep geografi yang pertama adalah lokasi.

Lokasi dibagi menjadi dua yaitu lokasi absolut dan relatif. Kata kunci konsep lokasi adalah berikut:
Lokasi absolut = angka astronomis, alamat rumah
Lokasi relatif = lingkungan sekitar
Soal dan Jawaban Bab Konsep Geografi

Contoh soal 1
Benua Australia adalah salah satu benua dengan ukuran yang tidak terlalu besar dibanding benua lainnya. Benua Australia membentang dari garis lintang 10o 41'LS sampai garis lintang 43o 39'LS dan dari garis bujur 113o 09'BT sampai 153o 39'BT. Konsep geografi yang terdapat pada paragraf adalah ....
a. lokasi absolut
b. lokasi relatif
c. jarak relatif
d. jarak absolut
e. aglomerasi

Kunci: A
Dalam soal ada keyword angka astronomis 10o 41'LS sampai garis lintang 43o 39'LS dan dari garis bujur 113o 09'BT sampai 153o 39'BT. Kata kunci tersebut adalah lokasi absolut.

Contoh soal 2
Saya baru pindah rumah dari Kota Cirebon ke Kota Kuningan. Setelah tiba di rumah baru, saya mendapati depan rumah saya ada taman terbuka sementara di belakang terdapat pemakaman umum.
Konsep geografi yang terdapat pada paragraf adalah ....
a. lokasi absolut
b. lokasi relatif
c. jarak relatif
d. jarak absolut
e. keterjangkauan

Kunci B
Dalam paragraf ada kalimat perbandingan depan rumah saya ada taman terbuka sementara di belakang terdapat pemakaman umum. Itu menandakan kondisi lingkungan sekitar. Rumah kamu belum tentu lokasinya seperti itu kan? 

Contoh soal 3
Indonesia adalah negara kepulauan besar di dunia. Negara ini terletak pada 6 LU-11 LS dan 95 BT-141 BT. Sementara itu negara Indonesia diapit dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudera (Pasifik dan Hindia). Konsep geografi yang terdapat pada paragraf adalah ....
a. morfologi
b. lokasi
c. jarak
d. asosiasi
e. aglomerasi

Kunci B
Dalam soal ada dua paragraf yang menyatakan kata kunci lokasi absolut dan relatif, jadi pilihan jawaban adalah konsep utama yaitu LOKASI. 

Gimana mudah bukan untuk menjawab soal geografi UNBK?. 

LihatTutupKomentar