Soal HOTS Geografi Ketahanan Pangan K13 Terbaru

Halo teman-teman sekalian, kali ini kita lanjut lagi untuk membahas contoh soal HOTS geografi materi ketahanan pangan. Ketahanan pangan adalah materi baru di K13 dan masuk kelas 11.

Ketahanan pangan merupakan sebuah kondisi dimana terpenuhi kebutuhan dasar pangan masyarakat sehari-hari. Faktor ketahanan pangan bermacam-macam mulai dari kondisi iklim, teknologi/rekayasa pertanian, kebijakan politik, rantai pemasaran hingga kondisi ekonomi masyarakat.

Soal tentang ketahanan pangan bisa dikorelasikan dengan pertanian berkelanjutan karena masih satu konsep yang melengkapi.

1.    Gambar di bawah adalah salah satu metode pertanian berkelanjutan. Tujuan dari metode yang sesuai pada gambar  dalam kegiatan pertanian adalah ....
Teknik pertanian berkelanjutan
a.    Membentuk pupuk organik secara alami
b.    Mengurangi kadar asam pada tanah
c.    Menghambat laju aliran permukaan
d.    Meminimalisir hama wereng
e.    Meningkatkan penggunaan pestisida

Kunci
Penggunaan mulsa, yaitu menaburkan daun, jerami basah, atau rumput di sekitar tanaman untuk melindungi akar tanaman. Mulsa yang membusuk akan membentuk pupuk organik secara alami.

2.    Kegiatan pertambangan berkelanjutan memiliki makna memerhatikan ....
a.    kegiatan eksplotasi yang maksimal
b.    kebutuhan masa kini dan masa yang akan dating
c.    kegiatan eksplorasi yang berkesinambungan
d.    produktivitas hasil tambang yang terus-menerus
e.    biaya pembangunan lokasi pertambangan

Kunci
Kegiatan pertambangan berkelanjutan memerhatikan kebutuhan generasi sekarang dan kebutuhan generasi yang akan datang karena pertambangan berkelanjutan selalu menciptakan keselarasan antara kawasan tambang yang dieksploitasi dan kawasan yang diberi perlindungan serta mengutamakan pengelolaan lingkungan untuk mencegah dampak pencemaran yang tidak terkendali.

3.    Kegiatan industri adalah suatu proses pengolahan bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Contoh proses industri yang mengelola bahan mentah menjadi barang jadi yaitu ....
a.    Jagung menjadi tepung maizena
b.    Kelapa menjadi kopra
c.    Kapas menjadi benang
d.    Kepompong menjadi kain sutra
e.    Daun teh menjadi teh celup

Kunci
Barang jadi adalah produk hasil industri yang siap pakai atau siap dikonsumsi oleh masyarakat. Contohnya teh celup dapat langsung dikonsumsi atau diminum dengan menyeduhnya bersama air panas.

4.    Manakah diantara kegiatan industri berikut ini yang memberikan dampak negatif bagi keberlanjutan lingkungan?
a.    Menggunakan cantrang dalam penangkapan ikan di laut
b.    Melaksanakan konsep On site reuse
c.    Membangun pabrik jauh dari pusat pemukiman
d.    Membangun instalasi pengolahan limbah terpadu
a.    Melakukan kajian AMDAL sebelum pendirian industry

Kunci
Cantrang merupakan alat penangkap ikan yang bersifat aktif dengan pengoperasian yang dilakukan di dasar perairan (menyentuh dasar perairan). Hal ini dapat merusak terumbu karang di dasar laut dangkal dan karena sifat penangkapannya masif sekali dikhawatirkan akan menurunkan spesies ikan dengan cepat. Baca juga: Soal HOTS Pemanfaatan SIG dan Inderaja Kelas 12
Kapal cantrang di laut