Soal HOTS Geografi Dinamika Penduduk dan Jawaban

Halo teman-teman sekalian, kali ini kita akan coba lagi untuk memberikan contoh soal hots geografi. Materi yang akan kita berikan seputar dinamika kependudukan.

Materi dinamika penduduk banyak yang bisa dijadikan soal HOTS karena fenomena yang terjadi selalu update alias kekinian. Jangan lupa share ke teman-teman lain!
Soal hots dinamika penduduk
1. Indonesia adalah negara keempat di dunia dengan jumlah populasi terbesar yaitu mencapai 260 juta penduduk. Angka pertumbuhan penduduk Indonesia masih diatas 1% per tahunnya sehingga memicu ledakan penduduk jika tidak dikendalikan. Ledakan penduduk akan menambah masalah kependudukan Indonesia dari sisi kuantitas maupun kualitas. Salah satu upaya mengatasi masalah kualitas penduduk akibat ledakan penduduk adalah ....
a. Melaksanakan program transmigrasi
b. Mensosialisasikan program KB ke seluruh desa
c. Melaksanakan program guru garis depan Indonesia
d. Memberikan beasiswa kepada pelajar kelas keluarga menengah ke atas
e. Melaksanakan program bantuan langsung tunai secara merata

Kunci:
Kualitas penduduk berkaitan dengan aspek pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Upaya pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya adalah dengan melaksanakan program guru garis depan dimana guru-guru terbaik disebar ke penjuru wilayah terluar dan terdepan Indonesia.

2. Salah satu indikator kualitas hidup manusia yang bisa diukur adalah dengan melihat pendapatan per kapita. Badan Pusat Statistik Indonesia terakhir mencatat bahwa rata-rata pendapatan per kapita Indonesia adalah 56 juta per tahun. Sementara itu Pendapatan Domestik Bruto Indonesia tahun 2017 saja mencapai 1 trilun US Dollar. Faktor yang menyebabkan masih banyaknya penduduk miskin di Indonesia meskipun pertumbuhan ekonomi tinggi adalah ....
a. Kekayaan mayoritas dikuasai oleh pemilik modal
b. Masih minimnya akses beasiswa pendidikan bagi masyarakat
c. Program keluarga berencana tidak berjalan optimal
d. Etos kerja masyarakat rendah
e. Kebijakan bantuan langsung tunai

Kunci:
Meskipun pendapatan domestik bruto Indoensia mencapai 1 trilun US Dollar akan tetapi pendapatan tersebut mayoritas dimiliki oleh para pemilik modal seperti perusahaan telekomunikasi, tambang, perkebunan besar dan lainnya. Artinya tidak ada sebaran kekayaan secara merata ke seluruh penduduk Indonesia.

3. Sensus penduduk dilaksanakan 10 tahun sekali Indonesia. Ada 2 metode sensus yang digunakan yaitu canvasser dan house holder. Metode canvasser paling cocok digunakan untuk sensus di Indonesia karena ....
a. Rata-rata pendidikan masyarakat Indonesia masih rendah
b. Rata-rata pendidikan masyarakat Indonesia sudah tinggi
c. Wilayah Indonesia snagat luas
d. Banyak terjadi kepemilikikan KTP ganda
e. Populasi penduduk Indonesia terlalu tinggi

Kunci:
Metode sensus canvasser dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan yang ada di kuesioner kepada responden di rumah untuk kemudian dijawab secara langsung. Metode ini cocok dilakukan di Indonesia karena tingkat pendidikan masyarakat masih relatif rendah.

4. Perhatikan data di bawah ini!

Kebijakan pemerintah dalam bidang kependudukan yang tidak tepat sesuai data komposisi penduduk Indonesia di atas adalah ....
a. Memberikan kursus keterampilan bagi masyarakat
b. Melaksanakan program guru mengabdi di daerah terpencil
c. Melakukan program bantuan langsung tunai kepada masyarakat
d. Membangun fasilitas sekolah satu atap di daerah terpencil
e. Menggalakan program belajar paket C

Kunci:
Batuan langsung tunai adalah program pemberian uang kepada masyarakat miskin untuk mencukupi kebutuhan hidup dasar sehari-hari. Kebijakan ini berlandaskan pada komposisi penduduk ekonomi.
Baca juga: Soal Ulangan Bab Antropsfer Kelas 11