Soal HOTS Bab Penelitian Geografi Kelas 10

Oke teman-teman kali ini kita lanjut lagi untuk membahas contoh soal hots geografi kelas 10 materi pokok penelitian geografi. Penelitian geografi adalah suatu upaya penyelidikan fenomena geosfer dengan menggunakan pendekatan geografi.

Untuk level SMA, penelitian geografi tidak serumit perguruan tinggi sebenarnya. Siswa hanya diarahkan untuk mampu 5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengkomunikasikan) sesuai kaidah prosedur saintifik.
Soal HOTS Bab Penelitian Geografi
1.    Sabrina sedang melakukan tugas penelitian di sekolah yaitu meneliti tentang fenomena PKL di Pasar Tanah Abang. Pada hari minggu pagi ia sengaja datang ke pasar dan mencoba mewawancarai beberapa pedagang di sekitar pasar. Data yang berhasil dikumpulkan Sabrina termasuk ....
a.    Data primer
b.    Data sekunder
c.    Data objektif
d.    Data kualitatif
e.    Data kuantitatif


KUNCI
Berdasarkan sumbernya, data penelitian dapat dikelompokkan dalam dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Wawancara adalah teknik pengumpulan data primer dengan cara mengajukan pertanyaan kepada responden secara tatap muka atau menggunakan alat komunikasi.

2.    Pemukiman liar atau slum area semakin menjamur di pinggiran ibukota Jakarta dari tahun ke tahun. Fenomena ini menggelitik penasaran siswa SMA Budi Karya untuk melakukan penelitian di daerah tersebut. Mereka ingin melihat dan mengkaji kehidupan di wilayah slum area dan dampaknya bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan siswa SMA Budi Karya adalah ....
a.    Survei
b.    studi pustaka
c.    pemetaan
d.    studi kasus
e.    eksperimen


KUNCI
Metode penelitian bermacam-macam tergantung objek yang akan diteliti diantaranya metode eksperimen, survei, studi pustakan hingga studi kasus. Studi kasus adalah penelitian yang dilakukan dengan wawancara dan observasi untuk memecahkan masalah geosfer yang dianggap kompleks yang mengganggu keseimbangan hidup manusia dengan lingkungannya.

3.    Kasus fenomena geosfer yang dapat dikaji dengan menggunakan analisa kewilayahan adalah ....
a.    Kebakaran lahan gambut di Kalimantan menyebar hingga Singapura dan Malaysia
b.    Banjir di Jakarta terjadi karena alih fungsi hulu Ciliwung menjadi villa dan hotel
c.    Banjir bandang di Papua terjadi karena ilegal logging di pegunungan
d.    Kekeringan di Gunung Kidul karena fenomena el nino
e.    Tsunami Anyer terjadi karena longsor Gunung Krakatau


KUNCI
Analisa geografi secara umum terdiri dari analisa keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Analisa kewilayahan mengkaji suatu fenomena yang terjadi melibatkan beberapa wilayah, tidak hanya satu wilayah yang terlibat.
4.    Manakah diantara data berikut ini yang masuk kategori data kualitatif?
a.    Tingkat pendidikan Indonesia
b.    Luas lahan terbuka hijau di kota Depok
c.    Jumlah populasi produktif DKI Jakarta
d.    Tingkat pencemaran udara kota Bekasi
e.    Penyebab pencemaran sungai Citarum


KUNCI
Data kualitatif adalah data yang bersifat non statistik contohnya seperti penyebab pencemaran sungai Citarum. Penyebab pencemaran ini dapat dianalisa dengan melakukan observasi lapangan dan melihat aktifitas manusia disekitar sungai. Baca juga>>>Soal UNBK 2019 dan pembahasan lengkap