Contoh Soal Geografi UTBK Antroposfer dan Ketahanan Energi

Oke gan kali ini kita lanjut latihan soal hots geografi UTBK ya!. Materi yang saya bagikan adalah seputar dinamika antroposfer dan ketahanan energi. Selamat belajar dan berlatih!

1. Permasalahan penduduk di Indonesia sangat kompleks baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Jika tidak segera dicari solusinya, maka bencana kependudukan akan melanda Indonesia di masa depan. Manakah diantara kebijakan berikut yang merupakan salah satu upaya mengatasi masalah kuantitas penduduk?
A. Menggalakan program transmigrasi umum
B. Program beasiswa bagi keluarga kurang mampu
C. Pertukaran pelajar antar negara
D.Membangun fasilitas kesehatan hingga daerah perbatasan
E. Program kursus keahlian singkat di kecamatan

2. Piramida penduduk adalah suatu grafik yang dapat memberikan gambaran kondisi penduduk suatu negara. Manakah diantara pernyataan berikut yang tidak tepat mengenai piramida penduduk?
A. Jumlah kelahiran dari dasar piramida
B. Jumlah kematian dari kemiringan piramida
C. Jumlah penduduk usia kerja
D. Jumlah kepadatan penduduk per wilayah
E. Angka harapan hidup suatu negara

3. Kegiatan pertanian telah dilakukan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu kala. Manakah yang bukan merupakan faktor yang mendorong kegiatan pertanian di Indonesia?
A. Lahan yang luas dan subur
B. Musim kemarau panjang
C. Curah hujan relatif tinggi
D. Intensitas penyinaran matahari tinggi
E. Berada di wilayah tropis

4. Gambar berikut merupakan salah satu metode pertanian berkelanjutan yang banyak dilakukan petani di Indonesia. Salah satu kelebihan dari metode pertanian ini terhadap kondisi tanah adalah ….
Pertanian
A. Unsur hara  dapat terserap oleh tanaman secara baik dan tidak terbuang
B. Meminimalisir pertumbuhan rumput liar dan memanjat
C. Meningkatkan hasil tanam dalam lahan
D. Resiko kerugian petani berkurang
E. Dapat memaksimalkan lahan yang kecil menjadi lebih berpotensi

5. Biomassa adalah salah satu jenis energi alternatif yang potensial dimanfaatkan di Indonesia. Salah satu contoh produk biomassa di pedesaan yang bisa didapat dari hewan ternak adalah ...
A. Biogas
B. Biobriket
C. Bioetanol
D. Biokerosin
E. Biokimia

Pembahasan:
1. Masalah kependudukan di Indonesia terbagi menjadi masalah kuantitatif dan kualitatif. Masalah kuantitatif berkaitan jumlah dan sebaran penduduk sementara masalah kualitatif berkaitan dengan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan. Salah satu upaya mengatasi masalah kependudukan yang bersifat kuantitatif adalah dengan program transmigrasi. Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah padat ke daerah yang jarang atau sedikit penduduknya.

2. Piramida penduduk adalah suatu grafik yang menunjukkan struktur penduduk suatu negara berdasarkan komposisi biologis. Piramida penduduk dapat memberikan gambaran tentang struktur penduduk meliputi  jumlah kelahiran, kematian, proporsi usia kerja hingga harapan hidup. Kepadatan penduduk per wilayah tidak bisa dilihat dari piramida penduduk tapi harus dihitung dari total populasi dibagi luas wilayah.

3. Kegiatan pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati untuk kebutuhan pangan, bahan baku industri, energi sertai untuk mengelola lingkungan hidupnya. Indonesia merupakan negara agraris karena penduduknya mayoritas menggantungkan hidup dari pertanian. Faktor pendukung pertanian di Indonesia antara lain lahan yang subur dan luas, iklim tropis, intensitas penyinaran matahari tinggi dan curah hujan tinggi. Semua faktor tersebut berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Musim kemarau yang panjang adalah salah satu penghambat kegiatan pertanian.

4. Pertanian berkelanjutan adalah kegiatan pertanian yang menggunakan prinsip berwawasan lingkungan dan berpedoman pada prinsip ekoefisiensi. Salah satu usaha pertanian berkelanjutan diantaranya adalah diversifikasi atau penganekaragaman jenis pertanian dalam satu lahan seperti yang ada pada gambar. Salah satu kelebihan metode ini bagi kondisi tanah adalah unsur hara  dapat terserap oleh tanaman secara baik dan tidak terbuang.

5. Biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintetik, baik berupa produk maupun buangan. Contoh biomassa antara lain adalah tanaman, pepohonan, rumput, ubi, limbah pertanian, limbah hutan, tinja dan kotoran ternak. Contoh pemanfaatan biomassa dari hewan ternak adalah biogas yang dihasilkan dari penampungan kotoran hewan kemudian diekstrak sehingga menghasilkan gas untuk keperluan energi rumah tangga dan lainnya.