Contoh Soal Hots Geografi UTBK Energi dan Biosfer

Halo kawan-kawan pejuang UTBK Geografi, kali ini saya akan bagikan lagi contoh latihan soal hots geografi buat kamu latihan. Silahkan dipelajari dengan seksama. Jangan lupa share ya blognya!.

1. Faktor pembatas persebaran flora di wilayah pegunungan tinggi adalah ….
A. Suhu udara
B. Sinar Matahari
C. Edafik
D. Hidrologi
E. Biotik

2. Perubahan vegetasi dari Jawa Barat yang bertipe hutan tropis sampai ke Nusa Tenggara berupa sabana merupakan faktor dari ….
A. Tipe iklim Nusa Tenggara Af
B. Iklim Tropis
C. Curah hujan makin menurun ke timur
D. Nusa Tenggara terdiri dari gugusan pulau
E. Tanah di Nusa Tenggara relatif kering

3. Indonesia saat ini tengah gencar membangun instalasi listrik berbasis energi terbarukan. Salah satu pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) terbesar di Indonesia dan ASEAN telah dibangun di wilayah Sidrap Sulawesi Selatan. Faktor yang memengaruhi lokasi Sidrap dibangun PLTB adalah ...
A. bulan panas lebih dominan dari bulan basah dalam satu tahun
B. terdapat di wilayah subduksi lempeng Eurasia-Pasifik
C. berlokasi di daerah dataran rendah
D. tidak memiliki gunung api aktif
E. kecepatan angin berkisar 7 meter per detik (m/s)

4. Beberapa upaya campur tangan manusia dalam mengubah lingkungan biotik seperti berikut, kecuali ….
A. Memperluas habitat hewan
B. Membiarkan hutan tumbuh alami
C. Memperluas habitat flora
D. Mengonsumsi hewan untuk kebutuhan sehari-hari
E. Mengembangbiakan hewan ternak

5. Daerah yang diarsir pada peta adalah wilayah bioma terluas dunia. Manakah diantara ciri berikut yang bukan termasuk ciri bioma yang diarsir?
Bioma daratan
A. Menjadi semak belukar jika terbentuk di daerah yang intensitas curah hujannya semakin rendah
B. Perbedaan suhu pada musim panas dan musim dingin sangat tinggi
C. Bentuk daun dari tumbuhan yang hidup berbentuk seperti jarum
D. Tumbuhan yang bertahan hidup berjenis homogen
E. Selama musim dingin, terjadi hujan salju yang lebat

Pembahasan
1. Faktor pembatas adalah sesuatu hambatan yang dapat  menurunkan jumlah dan perkembangan suatu ekosistem. Semakin tinggi suatu tempat maka keragaman gas udara semakin rendah sehingga suhu udara akan semakin rendah juga. Jadi faktor pembatas sebaran flora dan fauna di daerah pegunungan adalah suhu.

2. Sebaran flora di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor dan yang paling utama adalah curah hujan. Curah hujan Indonesia cenderung tinggi dari barat dan menurun ketika mencapai wilayah timur. Inilah yang menyebabkan di Nusa Tenggara banyak terdapat sabana.

3. Proyek pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) Sidrap adalah proyek pembangkit listrik energi terbarukan di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan. Pembangkit ini direncanakan akan menghasilkan 75 megawatt dari 30 kincir angin raksasa dan menjadi proyek PLTB pertama di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara. Kaabupaten Sidrap memiliki potensi angin yang bagus sehingga cocok untuk dibangun pembangkit listrik berbasis angin. Adapun estimasi kecepatan angin di lokasi tersebut berkisar 7 meter per detik (m/s).

4. Komponen lingkungan terdiri dari unsur abiotik atau benda mati seperti tanah, air, udara, sinar matahari dan unsur biotik yaitu benda hidup seperti hewan, tumbuhan dan manusia. Manusia dapat mengubah lingkungan biotik dengan berbagai macam cara rekayasa seperti mengembangbiakan ternak, membuat kebun binatang bahkan dengan mengonsumsi hewan sehari-hari. Lingkungan biotik pada dasarnya bisa berubah secara alami seperti membiarkan hutan tumbuh alami. Dengan sendirinya nanti ekosistem akan terbentuk di daerah tersebut seiring berkembangnya struktur hutan.

5. Bioma adalah lingkungan yang didominasi vegetasi tertentu dan dipengaruhi oleh iklim. Bioma pada peta adalah sebaran bioma taiga atau konifer. Bioma taiga adalah bioma terluas di dunia dan dicirikan dengan tipe vegetasi hutan jarum homogen, musim dingin panjang dan musim panas pendek dan suhu kontras, tanah tertutup salju saat musim dingin, jarak tumbuhan renggang. Selama musim dingin hujan salju akan turun lebat di daerah ini.