Rangkuman Geografi Kelas 10 Hakikat Konsep Geografi

Geografi adalah salah satu ilmu pengetahuan yang sudah tua dan terus berkembang sampai saat ini baik dari sisi konsep, metode dan tekniknya. Berikut ini rangkuman geografi bab hakikat geografi. Jangan lupa share blog ini jika bermanfaat.

Asal Mula Geografi
Geografi berasal dari kata Yunani geo artinya bumi dan graphein artinya gambar/lukisan. Jadi geografi secara etimologi adalah gambar tentang bumi. Istilah geografi pertamakali diucapkan oleh Eratosthenes.

Sementara itu Ikatan Geografi Indonesia (IGI) mengemukakan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
Eratosthenes bapak geografi
Pandangan Geografi
Ada dua aliran yang berkembang dalam geografi yaitu fisis determinis dan possibilisme. Fisis determinis adalah paham yang menganggap kehidupan manusia dikendalikan alam sementara possibilisme adalah paham yang menganggap manusia dapat mengendalikan alam.

Objek Studi Geografi
Objek studi geografi terdiri dari objek material dan objek formal. Objek material geografi adalah geosfer yang terdiri dari atmosfer, litosfer, biosfer, hidrosfer dan antroposfer. Berikut contoh fenomena di setiap geosfer:
1. Atmosfer : angin, awan, cuaca, efek rumah kaca, angin 
2. Litosfer : gempa, vulkanisme, pembentukan bahan galian, longsor
3. Biosfer : rantai makanan, fotosintesis, simbiosis
4. Hidrosfer : sungai, arus laut, tsunami, air tanah
5. Antroposfer : kelahiran, kematian, migrasi

Objek formal geografi adalah cara pandang atau pendekatan dalam mengkaji fenomena geosfer. Pendekatan geografi terdiri dari pendekatan keruangan, pendekatan kelingkungan dan pendekatan kewilayahan.

Konsep Geografi
Konsep geografi adalah istilah yang mengandung makna geografi di dalamnya. Konsep geografi terdiri dari lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi, interaksi, aglomerasi, nilai guna, diferensiasi dan asosiasi. Contoh konsep geografi cek disini.

Prinsip Geografi
Prinsip geografi terdiri dari distribusi, interelasi, deskripsi dan korologi. Contoh prinsip geografi cek disini.

Pendekatan Geografi
Pendekatan geografi terdiri dari pendekatan keruangan (spasial), pendekatan kelingungan (ekologi) dan pendekatan kewilayahan (regional). Contoh pendekatan geografi cek disini.

Aspek Geografi
Aspek geografi terdiri dari aspek fisik dan non fisik. Aspek fisik mencakup gejala atau fenomena alamiah sementara aspek non fisik mencakup fenomena hasil aktivitas manusia dalam ruang.
LihatTutupKomentar