Soal HOTS Geografi Keragaman Budaya Nasional Kelas 11

Kebudayaan nasional adalah kumpulan dari kebudayaan-kebudayaan lokal nusantara yang menjadi identitas Indonesia. Kali ini kita akan bahas soal hots terkait kebudayaan Indonesia.

Kebudayaan adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dan menjadi kesatuan dengan manusia itu sendiri. Sejak manusia lahir di muka bumi, ia akan membentuk kebudayaannya sendiri sesuai dengan kondisi lingkungan tempat hidupanya.
Soal HOTS Geografi dan kunci jawaban
1.    Bangsa Indonesia adalah komunitas majemuk yang dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan mulai dari Hindu, Budha, Eropa Barat dan Islam. Faktor yang menyebabkan tinggi pengaruh bangsa-bangsa tersebut terhadap kebudayaan lokal dari sisi geografis adalah ....
a.    Lokasi Indonesia berada diantara dua benua dan dua samudera
b.    Lokasi Indonesia berada di atas 3 pertemuan lempeng tektonik aktif
c.    Masyarakat Indonesia jaman dahulu memiliki pemikiran terbuka
d.    Kolonialisme bangsa luar yang begitu kuat
e.    Lokasi Indonesia berada di daerah iklim tropis

Kunci
Beragamnya pengaruh kebudayaan luar mulai dari Hindu, Buddha, Eropa dan Islam terhadap budaya lokal secara geografis merupakan pengaruh lokasi Indonesia yang berada di jalur strategis antara dua benua Asia dan Australia dan dua samudera yaitu Pasifik dan Hindia. Posisi strategis tersebut membuat Indonesia menjadi tempat transit perdagangan dunia di masa lalu.

2.    Indonesia sangat kaya akan suku bangsa dari Sabang hingga Merauke dengan keunikan budaya masing-masing yang menjadi identitas bangsa. Urutan suku bangsa di Indonesia dari barat ke timur sesuai lokasinya yang tepat berikut ini adalah ....
a.    Asmat, Sasak, Jawa, Batak
b.    Minangkabau, Sunda, Sasak, Asmat
c.    Batak, Sasak, Jawa, Manado
d.    Batak, Dayak, Bugis, Minangkabau
e.    Minangkabau, Batak, Jawa, Bali

Kunci
Urutan suku bangsa yang tepat sesuai lokasi di Indonesia dari barat ke timur adalah Minangkabau (Sumatera Barat), Sunda (Jawa Barat dan Banten), Sasak (Lombok), Asmat (Papua)

3.    Kebudayaan lokal sangat erat kaitannya dengan kondisi geografis wilayah yang didiami komunitas masyarakat. Faktor yang menyebabkan masyarakat di Nusa Tenggara memiliki alat musik Sasando sebagai identitas budaya lokal adalah ....
a.    Banyak ditemukan pohon rotan di daerah tersebut
b.    Masyarakat Nusa Tenggara mahir dalam kerajinan berbahan logam
c.    Wilayah Nusa Tenggara banyak terdapat bambu berukuran besar
d.    Banyak terdapat hewan berukuran besar sebagai bahan dasar alat music
e.    Wilayah Nusa Tenggara banyak tumbuh pohon lontar
Sasando
Kunci Sasando adalah alat musim khas masyarakat Nusa Tenggara yang dibuat dengan bahan dasar daun lontar yang dibuat seperti kipas kemudian diberi senar nada untuk dipetik.

4.    Masyarakat Kampung Naga di Tasikmalaya memiliki kearifan lokal yaitu hutan larangan dimana mereka tidak diperbolehkan memasuki dan melakukan aktifitas di wilayah tersebut agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga. Dalam hal ini fungsi kearifan lokal hutan larangan adalah ....
a.    sebagai alat pengendalian
b.    sebagai pedoman hidup komunitas
c.    mengambil alih budaya luar menjadi budaya asli
d.    sebagai penangkal budaya luar
e.    memberi arah pengembangan budaya

Kunci
Hutan larangan pada komunitas Kampung Naga bertujuan agar keseimbangan ekosistem terjaga dari generasi ke generasi. Artinya kearifan lokal dalam hal ini berfungsi sebagai alat pengendalian lingkungan terjaga keberlanjutannya.

Baca juga:
Soal PTS Geografi Kelas 10 + Kunci
Pembahasan KSK Geografi 2020 1-100