Soal UM UGM 2019 Soshum Geografi + Kunci Jawaban (No 21-25)

Berhubungan ujian masuk perguruan tinggi semakin dekat, kali ini saya akan bagikan contoh soal UM atau ujian tulis UGM topik soshum geografi dan kuncinya.

Perlu dipahami oleh siswa bahwa kebanyakan soal UM baik UGM ataupun Simak UI itu tipe soal yang relatif hots dan bukan soal standar. Minimal soal diperlukan dua kali berfikir sebelum kita menemukan jawaban.

Pastikan kalian banyak-banyak berlatih soal-soal sebelumnya lalu mencari dan membaca setiap konsep-konsep geografi yang kalian temukan dalam soal tersebut. Jangan jadi siswa biasa saja jika ingin sukses tembus simak UI atau UM UGM.

A. Pilihlah jawaban yang tepat diantara a, b, c, d atau e!.
21. Kawasan A memiliki jumlah penduduk 1.500.000 jiwa dengan dominasi fungsi kegiatan ekonominya yang berupa kegiatan jasa, perdagangan dan industri dengan jangkauan pelayanan antar provinsi atau nasional dapat dikategorikan sebagai kawasan ....
a. perkotaan kecil
b. perkotaan sedang
c. perkotaan besar
d. metropolitan
e. megapolitan

Kunci
Kata kuncinya adalah jumlah penduduk 1.500.000 jiwa. Ini adalah klasifikasi kota menurut jumlah penduduknya. 

Kota kecil memiliki penduduk 20.00-100.000 jiwa. Kota sedang memiliki jumlah penduduk 50.000 sampai 100.000 jiwa. Kota besar memiliki jumlah penduduk 100.000 sampai 1 juta jiwa. Kota metropolitan memiliki jumlah penduduk 1-5 juta jiwa. Kota megapolitan memiliki jumlah penduduk lebih dari 5 juta jiwa. Jawabannya adalah d.

22. Strategi Blue Agenda yang dapat digunakan untuk mendukung kota berkelanjutan adalah ....
a. menggunakan bahan bakar arang untuk memasak
b. mengelola sampah rumah tangga
c. menggunakan teknologi untuk mengurangi asap pabrik
d. menggunakan teknologi transportasi untuk menggantikan kendaraan air
e. mengurangi penggunaan AC di kantor-kantor pemerintah

Kunci
Ini terkait pembangunan berkelanjutan yang berawal dari Konferensi PBB di Stockholm thaun 1972. Beberapa prinsip pokok pemikiran terkait konsep ekonomi biru atau Blue Agenda setidaknya mengacu  pada efesiensi  sumber  daya,  nirlimbah (zero  waste), pemerataan sosial dan kesempatan kerja bagi orang miskin, inovasi dan adaptasi serta efek ekonomi pengganda. Jadi jawaban yang tepat adalah b.

23. Konsep Tri Hita Karana yang diterapkan di Bali dengan makna manusia harus menjaga keharmonisan hubungan antara manusia dengan sesama manusia, manusia dengan Tuhan dan manusia dengan lingkungan alam merupakan perwujudan dari ...
a. local advisory
b. local possiblism
c. local wisdom
d. local fairytale
e. local determinism

Kunci
Ini pasti bisa ditebak asal kamu punya kemampuan bahasa inggris cukup baik. Jawabannya pasti kearifan lokal atau local wisdom.

24. Salah satu fungsi Sistem Informasi Geografi (SIG) yang digunakan untuk Kebijakan Satu Peta (KSP) oleh pemerintah Republik Indonesia adalah ....
a. pemetaan (mapping)
b. pengukuran (measurement)
c. pemodelan (modelling)
d. pemantauan (monitoring)
e. pengelolaan (management)

Kunci
Kebijakan satu peta dibuat agar tidak terjadi tumpang tindih informasi yang berbeda dari satu instansi ke instansi lain sehingga pengelolaan sumber daya semakin baik dan pembangunan tidak terhambat. Jadi fungsi SIG disini lebih cenderung ke pengelolaan ruang.

25. Sistem proyeksi peta yang menempatkan sumber cahaya di pusat bumi disebut dengan proyeksi ....
a. secantial
b. gnomonic
c. stereografik
d. ortografik
e. orografis

Kunci
Proyeksi Gnomonik. Proyeksi gnomonik adalah sistem yang memproyeksikan bumi pada bidang datar dengan satu titik sumber proyeksi yang terletak pada pusat bumi. Satu sumber titik proyeksi tersebut kemudian dipancarkan ke segala arah dari pusat bumi ke permukaan bumi. Gambarnya kaya di bawah, perhatikan yang tipe lainnya juga ya.