Contoh Soal UNBK Prinsip Geografi + Jawaban

Halo kawan-kawan sebangsa dan se tanah air Indonesia. Kali ini kita lanjut lagi bahas contoh soal unbk geografi materi prinsip geografi. Prinsip geografi ada 4 yaitu distribusi, interelasi, deskripsi dan korologi.

Prinsip distribusi memperlihatkan penyebaran suatu fenomena, prinsip interelasi memperlihatkan adanya hubungan sebab akibat suatu fenomena, prinsip deskripsi memperlihatkan gambaran fenomena dari sisi tulisan, grafik, tabel atau statistik dan prinisp korologi adalah penggabungan prinsip geografi sebelumnya.
Contoh Soal UNBK Prinsip Geografi
1. Global warming adalah suatu gejala meningkatkan suhu rata-rata permukaan bumi dalam seratus tahun terakhir. Fenomena ini menyebabkan terjadinya perubahan cuaca iklim di beberapa tempat di bumi. Contoh perubahan cuaca ekstrim terjadi di Indonesia diantaranya hujan es dan angin puting beliung. Prinsip geografi yang sesuai paragraf tersebut adalah ....
a. interelasi
b. distribusi
c. korologi
d. interaksi
e. deskripsi

Kunci
Paragraf diatas menyatakan adanya hubungan antara global warming dengan perubahan cuaca dan iklim. Maka prinsip geografi yang tepat adalah interelasi atau keterkaitan.

2. Manakah diantara pernyataan berikut ini yang menunjukkan penggunaan prinsip distribusi?
a. Erupsi Anak Karakatau di akhir tahun 2018 memicu tsunami di wilayah Anyer dan sekitarnya
b. Angka kematian bayi di Indonesia mencapai 10 jiwa per 100 kelahiran tiap hari
c. Abu vulkanik erupsi Semeru bergerak menuju Kabupaten Malang, Pasuruan dan Pacitan
d. Penggunaan cantrang saat menangkap ikan di laut menyebabkan terumbu karang rusak
e. Pembangunan vila di kawasan Kaliurang berpotensi memicu berkurangnya resapan air di wilayah hulu Merapi

Kunci
Prinsip distribusi harus menyatakan beberapa lokasi disebutkan pada paragraf. Maka jawaban yang tepat adalah C.

3. Pula Komodo terletak di timur Pulau Sumbawa merupakan habitat asli reptil purba komodo. Kondisi Pulau Komodo beriklim arid dengan musim hujan di bulan Oktober-Maret. Pulau ini masuk dalam Geopark Dunia dan saat ini dikelola pemerintah. Prinsip geografi dalam paragraf tersebut adalah ....
a. interelasi
b. distribusi
c. korologi
d. interaksi
e. deskripsi

Kunci
Fenomena pada soal menunjukkan penerapan prinsip deskripsi dimana terdapat penjelasan suatu fenomena geosfer dalam bentuk rangkaian kata. Wacana pada soal mendeskripsikan kondisi singkat geografis Pulau Komodo.

4. Kelestarian hutan di wilayah hulu DAS Ciliwung semakin terganggu. Sebagian hutan dialihfungsikan menjadi penginapan dan villa. Bangunan tersebut untuk menunjang kegiatan pariwisata di daerah tersebut. Alih fungsi lahan ini berpotensi menimbulkan banjir di wilayah hilir saat puncak musim penghujan. Prinsip interelasi pada fenomena tersebut adalah ....
a. alih fungsi hutan berdampak pada potensi banjir di hilir
b. bangunan hotel dan vila mengurangi luas hutan di hilir
c. hutan di daerah hulu berfungsi sebagai serapan air
d. wilayah hilir dilanda kekeringan saat kemarau
e. lahan hutan dimanfaatkan untuk pariwisata

Kunci
Interelasi adalah hubungan sebab akibat suatu fenomena geosfer. Dalam paragraf interelasi yang terjadi adalah kegiatan alih fungsi hutan di hulu akan berdampak pada peningkatan potensi banjir di daerah hilir saat musim penghujan tiba.

5. Di pagi hari masyarakat kota Manado mulai beraktifitas, ada yang ke sekolah, ke kantor maupun ke pasar. Dampaknya adalah kemacetan sering terjadi di ruas jalan utama di kota tersebut saat pagi hari. Prinsip geografi yang sesuai paragraf tersebut adalah ....
a. interelasi
b. distribusi
c. korologi
d. interaksi
e. deskripsi

Kunci
Ada dua prinsip yang digunakan yaitu distribusi pada kalimat pertama dan interelasi pada kalimat kedua. Maka jawabannya adalah korologi.

Itulah contoh soal unbk materi prinsip geografi. Tips mengerjakannya adalah dengan memahami keyword atau kata kunci tiap prinsipnya. Coba buat soal sendiri dan saling tukar dengan teman untuk lebih paham memahami soal tipe ini.

0 Response to "Contoh Soal UNBK Prinsip Geografi + Jawaban"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan santun, komentar spam, hate speech akan langsung terhapus. Trims

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel