[Part 1] Soal Penilaian Terstruktur Geografi Kelas XI Poros Maritim Dunia

Di postingan ini saya akan coba berikan contoh soal penilaian terstruktur geografi kelas xi materi poros maritim dunia. Materi poros maritim dunia adalah muatan baru di kurikulum geografi kelas xi. Hal ini untuk menggugah kembali tentang kekuatan dan potensi Indonesia sebagai salah satu negara maritim besar di dunia. Sejarah masa lalu membuktikan kita adalah negara maritim besar dan jaya.

Soal dan Jawaban Poros Maritim Dunia
1. Sebutkan batas-batas geografis Indonesia!
2. Apa perbedaan landas kontinen, laut teritorial dan ZEE?
3. Apa perbedaan Paparan Sunda dengan Paparan Sahul?
4. Apa perbedaan karakteristik Laut Banda dengan Laut Jawa?
5. Apa definisi konsep Indonesia poros maritim dunia?
Soal Penilaian Terstruktur Poros Maritim Dunia

Jawaban
1. Batas geografis Indonesia adalah sebagai berikut:
Utara : Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Laut Cina Selatan, Filipina, Palau, Samudera Pasifik
Barat : Samudra Hindia
Timur : Papua Nugini
Selatan: Samudra hindia, Timor Leste dan Australia.

2. Landas kontinen Indonesia meliputi dasar laut dan tanah di bawahnya dari area di bawah permukaan laut yang terletak di luar dan berbatasan dengan laut teritorial Indonesia, sepanjang kelanjutan alamiah wilayah daratan hingga pinggiran luar tepi kontinen, atau hingga suatu jarak 200 (dua ratus) mil laut dari garis pangkal kepulauan Indonesia, dalam hal pinggiran luar tepi kontinen tidak mencapai jarak tersebut.

Laut Teritorial Indonesia adalah jalur laut selebar 12 (dua belas) mil laut yang diukur dari garis pangkal kepulauan Indonesia (pulau terluar).

ZEE adalah wilayahperairan yang jaraknya 200 mil dihitung dari pulau terluar wilayah Indonesia. Di kawasan ini, negara Indonesia juga berhak untuk mengambil sekaligus memanfaatkan segala potensi atau segala sumber daya alam dilaut tersebut.

3. Paparan Sunda adalah sebuah daratan luas meliputi Sumatera, Jawa dan Kalimantan yang kemudian terpisah saat es mencair di zaman pleistosen. Paparan Sunda adalah daratan luas meliputi Papua dan Australia yang kemudian terpisah saat es mencair di zaman pleistosen. Karena dahulu paparan ini merupakan sebuah daratan luas maka sebaran fauna sangat masif. Paparan Sunda merupakan rumah fauna tipe Asiatis sementara Paparan Sahul adalah rumah fauna tipe Australis.

4. Laut Jawa adalah perairan dangkal dengan luas kira-kira 310.000 km² di antara Pulau Kalimantan, Jawa, Sumatra, dan Sulawesi di gugusan kepulauan Indonesia. Laut ini relatif muda, terbentuk pada Zaman Es terakhir ketika dua sistem sungai bersatu.

Laut Banda adalah sebuah laut yang terletak di Kepulauan Maluku, Indonesia. Laut berukuran 500x1.000 km ini terpisah dari Samudra Pasifik oleh beratus-ratus pulau, serta Laut Halmahera dan Seram

5. Sebuah konsep yang memandang Indonesia sebagai salah satu pusat kekuatan maritim di dunia sehingga mampu menjadi negara yang tangguh dan disegani. Kedaulatan maritim Indonesia adalah sebuah pilar utama pembangunan maritim demi terwududnya kesejahteraan rakyat dan keadilan.