Contoh Soal SKB Keguruan Semua Mapel Part 1

SKB alias seleksi kompetensi bidang sebentar lagi akan bergulir
dan kamu tentunya perlu persiapan. Kali ini saya akan beirkan contoh soal SKB formasi keguruan semua mapel. Minusnya belum ada kunci jawaban, yang penting kalian tahu pola soalnya dulu ya. Silahkan diskusikan saja dengan teman-teman.
Soal SKB Keguruan
1. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum selesai mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan banyaknya tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain, jika seandainya Anda sebagai guru, apa yang anda lakukan?
a. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan.
b. Mendorong siswa untuk segera menyelesaikan tugas secara maksimal, dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.
c. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya.
d. Tetap meminta tugas yagn telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa.
e. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengingkari kesepakatan yang sudah disepakati.

2. Salah satu tugas wali kelas setiap kenaikan kelas harus menentukan 3 siswa terbaik untuk menerima hadiah dari sekolah. jika Anda sebagai wali kelas, maka hal yang akan Anda lakukan dalam menentukan siswa urutan 1, 2, dan 3 berdasarkan . . . .
a. Rata-rata nilai rapor saja
b. Kepribadian dan nilai rapor
c. Nilai rapor dan capaian prestasi non akademik
d. Keterlibatan kepengurusan OSIS dan nilai rapor
e. Prestasi akademik dan non akademik

3. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkanhal tersebut pada wali kelas. Sebagai Guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
a. Memberikan hukuman pada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
b. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
c. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.
d. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok.
e. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehinga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangasung.

4. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya,nilai-nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat pendidikan orag tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah . . . .
a. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama.
b. Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaa pemikiran,sikap dan perilaku anak didiknya.
c. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tifak dapat dihindari.
d. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.
e. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan lainnya.

5. Salah satu tugas guru piket adalah membuat surat keterangan pemberian poin pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang datang terlambat. Poin pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai kespakatan. Ketika Anda menjadi guru piket, ada seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda) datang terlambar 30 menit. Sesuai aturan, datang terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran sebanyak 30 poin. Tiba-tiba teman Anda yang terlambat meminta kepada Anda agar dia dan anaknya tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Memenuhi permintaan teman Anda karena alasannya masuk akal tetapi Anda laporkan kasus tersebut kepada kepala sekolah.
b. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah.
c. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya meskipun jumlah poin dikurangi.
d. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya sesuai aturan.
e. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan kepada kepala sekolah atas kasus ini.

6. Seorang siswa bercerita kepada guru kalau dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian tengah semester. Tapi, pada hari yang telah disepakati, temannya tidak datang dengan alasan ada urusan mendadak. Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tidak menepati janji, hingga nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya keduanya bersahabat, saat ini mereka tidak saling bertegur sapa.jika seandainya Anda adalah mendapat cerita tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
a. Memberikan kepada salah satu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal yang penting. Selain itu, urusan belajar meruk=pakan urudan masing-masing.
b. Memanggil keduanya, sertamemberikan nasehat-nasehat agar keduanya bersahabat dan saling membantu.
c. Memberitahu pada salah satu pihak bahwa karena tidak jadi membantu, temannyamendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maaf.
d. Memfasilitasi pertemuandi antara keduanya untuk membangun saling kesepahaman mengenai masalah tersebut dan jalan penyelesaiannya.
e. Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat diselesikan secara mandiri.

7. Seorang siswa kedapatan membawa handphone ke sekolah. padahal sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone ke sekolah. sebagai guru, yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana anda menanggapi permasalahan tersebut?
a. Memanggil siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa handphone  ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya.
b. Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone, segera menyampaikan hal ini pada wali kelas serta guru Bimbingan dan Konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.
c. Saya akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk kelas dan menyita handphone untuk sementara waktu.
d. Saya menemui siswa yang membawa handphone saat di sekolah maupun di kelas, serta memberikan teguran langsung dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran tersebut.
e. Merampas handphone  dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut mengingatkan anaknya jangan sampai membawa handphone ke sekolah.

8. Sekolah Anda pada akhir libur semester mengadakan study tour ke luar kota selama tiga hari dan Anda menjadi salah satu guru pendamping kegiatan study tour itu. Sesuai rencana, rombongan study tour akan tiba kembali di sekolah hari Minggu sore pukul 17.00 karena hari Senin adalah hari pertama masuk sekolah. tetapi, karena sesuatu dan lain hal, rombongan baru tibakembali ke sekolah hari Senin pukul 03.00 pagi. Beberapa guru berencana untuk izin tidak masuk pada hari pertama karena kelelahan. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Tetap masuk sekolah meskipun tidak seharian penuh sebagaimana hari-hari biasa.
b. Tetap masuk sekolah sebagaimana hari-hari biasa meskipun banyak guru yang izin.
c. Menyarankan kepada guru yang berencana untuk tidak masuk untuk tetap masuk sekolah.
d. Menyampaikan kepada kepala sekolah agar menghimbau para guru untuk tetap masuk sekolah.
e. Menyarankan kepada peserta didik yang ikut study tour untuk tetap masuk sekolah.

9. Dalam perjalanan menuju sekolah, pada pemberhentian di perempatan, Anda melihat siswa SMA pengendara motor berhenti melewati garis marka jalan. Anda akan melakukan apa?
a. Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.
b. Menjelaskan di depan kelas tentang kasus yang Anda alami agar siswa Anda tidak melakukan pelanggaran lalu lintas.
c. Menegur dengan santun agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.
d. Berteriak dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.
e. Memotret kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah agar tidak melakukan hal seperti itu.

10. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau ikut terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
a. Memberikan hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggungjawabnya.
b. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
c. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.
d. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok.
e. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehingga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung.

11. Seorang wali murid mendatangi Anda sebagai wali kelas, memprotes bahwa nil;ai anaknya rendah. Menurutnya, si anak telah mengikuti berbagai bimbingan belajar, sehingga mustahil mendapat nilai rendah. Sementara, anak dari tetangganya mendapat nilai lebih tinggi, padahal anak tersebut biasa saja dan tidak mengikuti bimbingan belajar. Bagaimana tanggapan Anda terhadap wali murid tersebut?
a. Menunjukkan data capaian belajar anak secara objektif, serta meamnggil si anak untuk berdiskusi dengan orang tuanya.
b. Menunjukkan dokumen hasil ulangan harian, mempertemukan wali murid dengan si anak serta memberi kesempatan untuk mendiskusikab prestasi belajar yang dicapai secara objektif.
c. Menjawab protes wali murid tersebut dengan menunjukkan rekap data, serta menyampaikan bahwa bimbingan belajar bukanlah penentu tingkat prestasi belajar anak di sekolah.
d. Menunjukkan dokumen hasil ulangn, serta memberi kesempatan wali murid untuk mendiskusikannya, sehingga diperoleh pengertian mengapa nilai anaknya tidak sesuai dengan yang diperkirakannya.
e. Menjawab protes wali murid dengan menyatakan bahwa berapa pun hasil nilai itu merupakan hak dan kewanangan guru.

12. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilai-nilai, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah . . . .
a. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama.
b. Menampilakn sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaan pemikiran, sikap, dan perilaku anak didiknya.
c. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.
d. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.
e. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan lainnya.

13. Suatu ketika Anda menjadi tuan rumah dalam acara rutin pertemuan warga RT. Semua warga RT diundang untuk acara pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang datang ke rumah Anda adalah seorang warga paling miskin di RT. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Menyalami tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk duduk di kursi yang telah disediakan.
b. Membiarkan tamu pertama itu mencari tempat duduk sendiri karena tamu lain juga Anda perlakukan seperti itu.
c. Meminta tamu pertama itu duduk di kursi deretam paling depan untuk menghargai tamu yang datang paling awal.
d. Sembari menunggu tamu lainnya, Anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol tentang hal-hal ringan.
e. Mengajak tamu tersebut ke belakang dan menawarinya untuk makan, setelah itu meminta bantuan untuk menyiapkan makanan dan minuman.

14. Komplek di mana Anda tinggal setiap musim hujan selalu banjir sebagai akibat tidak ada saluran air menuju sungai. warga sudah beberapa kali mengusulkan kepada pemerintah desa/kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan air, tetapi  tetap saja permohonan itu belum dipenuhi. Akibatnya, salah satu warga yang cukup berpengaruh di wilayah itu mengajak dan atau mempengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak pada tahun itu. Sebagai guru, apa yang Anda lakukan?
a. Mengingatkan warga agar tetap membayar pajak, karena membayar pajak itu kewajiban warga negara.
b. Tetap membayar pajak, meskipun beberapa warga terpengaruh terhadap himbauan untuk membayar pajak.
c. Mengingatkan salah satu warga tersebut agar tidak mempengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak.
d. Mengajak aparat RT untuk memohon kembali kepada aparat desa/kelurahan agar dibuatkan saluran air.
e. Bersama warga mencari sponsor untuk membangun saluran air menuju sungai agar tidak terjadi banjir lagi.

15. Di sekolah tempat Anda mengajar mayoritas siswa beragama islam, namun ada juga yang beragama non-islam. Ketika memasuki bulan Ramadhan, Anda mendapati siswa non-muslim yang sedang makan di depan kelas ketika teman-teman yang lain sedang menjalankan ibadah puasa. Sebagai guru, apa yang Anda lakukan untuk menyikapi hal tersebut?
a. Menasehati siswa agar tidak makan di depan kelas selama bulan Ramadhan demi menghormati yang berpuasa.
b. Keduanya memiliki haknya masing-masing, boleh berbuat sesuai keyakinannya.
c. Menasehati siswa yang sedang puasa Ramadhan bahwa makan di mana pun itu hak mereka.
d. Meminta siswa tersebut untuk makan di tempat yang sepi agar tidak kelihatan teman-teman yang sedang berpuasa.
e. Tidak peduli dengan tindakan yang dilakukan siswa tersebut.

16. Terdapat lima kriteria penilaian teman sejawat yaitu kejujuran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan penampilan. Agar penilaian kepada teman sejawat yang Anda lakukan objektif, maka yang dilakukan adalah . . . .
a. Setiap aspek dinilai dulu untuk semua teman, misalnya aspek kejujuran dinilai dulu untuk semua teman baru aspek kedisiplinan dan seterusnya.
b. Meranking aspek kejujuran dari ranking pertama sampai terakhir untuk semua teman kemudian dilanjutkan meranking aspek kedisiplinan dan seterusnya.
c. Menilai satu per satu teman sejawat dengan lima kriteria (kejujuran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan penampilan) sekaligus.
d. Mendiskusikan dengan teman lain agar hasil penilaian tidak tendensius dan dapat dipertanggungjawabkan.
e. Perlu mempertimbangkan senioritas meskipun lima kriteria penilaian teman sejawat tetap perlu menjadi acuan.

17. Pada rapat desa yang dipimpin kepala desa sedang mengidentifikasi program desa yang akan didanai melalui dana desa. Sebagai guru, program apa yang akan Anda usulkan?
a. Membangun fasilitas umum untuk memfasilitasi anak usia dini karena di desa itu belum ada fasilitas PAUD.
b. Perbaikan jalan antar dusun agar transportasi lancar, karena jalan dusun tidak dapat dilewati kendaraan roda empat.
c. Memperbaiki tempat ibadah di desa itu agar masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan khusuk.
d. Memberi beasiswa bagi anak kurang mampu agar dapat melanjutkan studi sampai pendidikan tinggi.
e. Pemberian modal usaha dan pelatihan kewirausahaan bagi keluarga miskin di desa itu agar kemiskinan menjadi berkurang.

18. A

19. Seorang anak berminat pada kelompok peminatan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika memilih studi lanjut ke SMA. Namun, orang tua berkukuh agar anaknya memilih peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya menjadi dokter, agar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak mampu jika studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati mata pelajaran ilmu biologi, matematika, serta fisika-kimia. Sebagai wali kelas, apa yang akan Anda lakukan?
a. Menasehati si anak untuk patuh pada orang tua yang telah memilihkan masa depan yang baik karena tidak ada orang tua yang berniat menjerumuskan anaknya.
b. Memberikan saran kepada orang tua dan si anak untuk mengenali secara objektif kemampuannya, dengan konsultasi pada psikolog untuk memilih bidang peminatan yang sesuai.
c. Menyarankan kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidak berminat dan merasa tidak mampu pada jurusan kedokteran.
d. Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan diskusi agar orang tua memahami potensi anaknya.
e. Bersama guru BK, anda sebagai wali kelas akan memfasilitasi pertemuan antara orang tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama-sama dengan menggunakan data-data sebagai dasar keputusan objektif.

20. Di wilayah Anda mengajar ada komunitas GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam PGRI, melakukan penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta mengusulkan kepada pemerintah agar diangkat sebagai PNS. Jika Anda adalah guru PNS yang telah menerima tunjangan profesi, apa yang akan Anda lakukan?
a. Mendukung sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana.
b. Memberi nasehat kepada teman GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat sebagai PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya.
c. Menaruh simpati terhadap upaya penggalangan dana itu meskipun tidak harus memberi kontribusi dalam bentuk uang.
d. Berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup dan mampu membiayai perwakilan GTT ke Jakarta.
e. Mengusulkan kepada pengurus PGRI daerah agar membawa perwakilan GTT untuk pergi ke Jakarta menyampaikan aspirasinya.

21. A

22. Bagaimana sikap Anda terhadap guru yang melaksanakan pembelajaran dengan model ancaman dan pemaksaan kepada peserta didik agar berprestasi unggul?
a. Sangat tidak setuju terhadap tindakan guru tersebut dalam rangka meningkatkan prestasi unggul siswa.
b. Tidak setuju terhadap model tersebut yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi unggul siswa.
c. Cukup setuju dengan tindakan yang dilakukan guru tersebut untuk meningkatkan prestasi unggul siswa.
d. Setuju dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi belajar unggul siswa.
e. Sangat setuju dengan tindakan guru tersebut dalam membantu peningkatan prestasi unggul siswa.

23. Menurut anda, sikap dan perilaku guru yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan yang dianutnya adalah . . . .
a. Rajin ibadah disertai dengan sikap dan perilaku yang mencerminkan sikap toleransi yang tinggi dengan apa pun dan siapa pun.
b. Rajin beribadah dan tidak mentolerir waktu yang mengganggu ritual keagamaannya dan menolong orang tanpa pamrih.
c. Rajin ibadah disertai dengan sikap dan perilaku yang tanpa pamrih dengan tetap menunjukkan identitas keagamaan yang berbeda.
d. Rajin ibadah disertai dengan sikap dan perilaku yang toleran, namun tetap menunjukkan prinsip tegas yang perlu diketahui orang lain.
e. Rajin beribadah disertai dengan sikap dan perilaku yang proaktif menolong kepada siapapun, serta menunjukkan perilaku-perilaku keteladanan.

24. Anda memiliki beban mengajar yang tinggi dalam seminggu. Di samping itu, Anda menjadi salah seorang pengurus inti koperasi sekolah untuk kesejahteraan warga sekolah. apa yang Anda lakukan?
a. Saya berbagi tugas dengan pengurus inti lainnya dalam mengelola koperasi, sehingga tidak mengganggu tugas mengajar.
b. Saya mengutamakan tugas mengajar,  dengan sedikit mengabaikan tugas sebagai pengurus koperasi sekolah.
c. Saya melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan melaksanakan tugas-tugas pengurus koperasi sekolah.
d. Saya berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena bisa mengganggu tugas mengajar.
e. Saya mengutamakan tugas pengurus koperasi sekolah, walaupun tugas mengajar kurang terlaksana.

25. Anda memiliki siswa pintar yang ingin sekali menguasai keterampilan yang menurut Anda belum saatnya dikuasai oleh siswa tersebut. Di sekolah, hanya Anda yang dapat melatihnya, namun Anda tidak memiliki waktu luang. Ucapan yang tepat dikatakan kepada siswa adalah . . . .
a. Bahwa siswa tidak perlu belajar keterampilan itu, dan tidak perlu berlatih kepada saya.
b. Bahwa siswa belum waktunya manguasai keterampilan itu, dan saya sibuk sehingga tidak bisa melatihnya.
c. Bahwa siswa itu bisa belajar untuk  menguasai keterampilan itu.
d. Bahwa siswa tetap memiliki kesempatan menguasai keterampilan itu, dan memintanya mencari pelatih yang diinginkan dari luar sekolah.

Lanjut>>>Soal SKB Keguruan 26-50