Contoh Soal HOTS Kelas 12 Pewilayahan Negara Maju

Halo teman-teman sekalian, kali ini kita lanjut lagi untuk coba memberikan contoh soal hots materi kelas 12 yaitu pewilyahan negara di negara. Perkembangan sebuah negara berbeda-beda di dunia karena ada faktor yang mempengaruhinya.

Faktor perkembangan negara diantaranya cuaca dan iklim, sejarah penjajahan, sumber daya alam. Perkembangan negara secara statistik banyak dilihat dari aspek ekonomi. Pendapatan per kapita adalah salah satu indikatornya.
Soal hots PG negara maju dan berkembang
1.    Negara berikut ini termasuk negara maju di dunia dan punya reputasi baik dalam hal keamanan. Wilayah negara ini terletak di pegunungan es yang terkenal dan merupakan salah satu tempat penyimpanan uang paling aman di dunia. Negara ini masuk kategori landlocked country dan berlokasi di wilayah subtropis. Negara yang dimaksud adalah ....
a.    Swiss
b.    Inggris
c.    Kanada
d.    Jepang
e.    Qatar

Kunci
Swiss adalah negara yang berlokasi di benua Eropa dan berada wilayah pegunungan Alpen dan beriklim subtropis. Swiss memiliki sistem perbankan yang sangat ketat sehingga banyak nasabah dari luar Swiss yang menyimpan uangnya di negara ini termasuk Indonesia.

2.    Dari sisi ekonomi, kegiatan industri negara maju lebih mengarah pada industri tersier dan kuartener. Di bawah ini yang bukan termasuk ke dalam kategori industri tersier adalah ....
a.    Riset dan pengembangan produk kecantikan
b.    Penjualan retail/wholesale
c.    Restoran cepat saji
d.    Jasa pengolahan sampah
e.    Pemintalan benang sutra

Kunci
Industri tersier adalah industri yang berfokus pada penyediaan jasa kepada sektor ekonomi lain atau kepada pelanggan seperti jasa konsultasi, penyediaan sarana telekomunikasi, transportasi dan distribusi, jasa layanan hingga penyediaan makanan seperti restoran dan fast food.

3.    Kondisi cuaca dan iklim wilayah subtropis memungkinkan negara di daerah tersebut memiliki tingkat produktifitas tinggi. Manakah pernyataan yang tepat terkait pengaruh cuaca di wilayah subtropis dengan produktifitas masyarakatnya?
a.    Wilayah subtropis memiliki suhu moderat 15-25 derajat celsius sehingga membantu kegiatan ekonomi penduduk di bidang pertanian dan jasa
b.    Wilayah subtropis memiliki suhu moderat 30-40 derajat celsius sehingga membantu terhadap kegiatan pertanian, perkebunan dan transportasi
c.    Wilayah subtropis dipengaruhi angin muson sehingga pola pertanian masyarakatnya lebih terencana
d.    Wilayah subtropis memiliki banyak hutan hujan tropis sehingga kondisi udara bersih dan menunjnag produktifitas pertanian dan jasa
e.    Wilayah subtropis memiliki penyinaran matahari yang stabil setiap hari sehingga masyarakatnya lebih produktif

Kunci
Negara maju banyak dijumpai pada wilayah subtropis yaitu lintang 30-60 derajat LU/LS dimana pada wilayah ini cuacanya termausk moderat yaitu suhu berkisar 15-25 derajat celsius. Kondisi ini sangat membantu kegiatan ekonomi penduduk baik di bidang industri maupun jasa. Iklim yang sejuk membuat produktifitas pekerja sektor jasa dan industri meningkat.

4.    Salah satu bentuk kerjasama negara maju dan berkembang adalah adanya pasar bebas yang merupakan konsekuensi dari globalisasi ekonomi dunia. Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan dampak negatif dari pasar bebas bagi Indonesia di bidang lingkungan hidup?
a.    Meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca
b.    Bertambahnya eksploitasi bahan galian
c.    Munculnya budaya konsumerisme
d.    Produk dalam negeri semakin tenggelam
e.    Ketergantungan terhadap negara maju
Kunci

Pasar bebas akan membuka pintu investasi dan industri negara maju di Indonesia. Dampak hal tersebut bagi lingkungan adalah semakin meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca sehingga membuat suhu udara meningkat karena semakin banyak pabrik yang didirikan di Indonesia.